AD

Beberapa Cara Merawat Kucing Sphynx yang baik dan benar.

Beberapa Cara Merawat Kucing Sphynx
Beberapa Cara Merawat Kucing Sphynx
Beberapa Cara Merawat Kucing Sphynx
Mungkin banyak yang mengira bahwa merawat ras kucing Sphynx lebih mudah daripada merawat ras kucing berbulu tebal lainnya. Namun nyatanya kucing Sphynx membutuhkan perawatan ekstra bahkan harus dilakukan grooming atau perawatan khusus kucing setidaknya seminggu sekali. Hal ini dikarenakan kucing Sphynx hanya memiliki sedikit bulu sehingga tidak bisa menyerap keringat, air liur dan minyak yang ada pada tubuhnya dengan baik. Oleh sebab itu kucing Sphynx sangat mudah kotor sehingga harus dibersihkan secara rutin.
Bagi anda yang ingin memelihara kucing Sphynx yang hanya memiliki sedikit bulu ini maka anda harus mengetahui bagaimana cara merawatnya dengan benar. Berikut beberapa cara merawat kucing Sphynx yang baik dan benar.

1.      Kucing Sphynx yang masih kecil sangat rawan terkena infeksi pada saluran pernafasan mereka. Bagi anda yang suka dengan ras kucing ini sebaiknya membeli anak kucing yang sudah berusia lebih dari 15 minggu untuk mengurangi resiko penyakit infeksi maupun penyakit lainnya 

2.   Kucing Sphynx termasuk dalam golongan kucing hairless. Oleh karena itu usahakan untuk tidak membiarkannya terpapar sinar matahari secara langsung. Jika kucing ini sering dibiarkan keluar rumah maka hal ini dapat mengakibatkan berbagai penyakit seperti kanker kulit dan ruam – ruam pada kulit. 

3.      Selain tidak tahan panas, kucing Sphynx juga sangat sensitif dengan cuaca, baik dingin atau panas. Anda bisa memberikan selimut hangat pada kucing anda saat musim dingin tiba agar suhu tubuhnya tetap normal. 

4.      Karena tidak memiliki bulu yang cukup tebal untuk menyerap kotoran maupun keringat yang mengendap pada permukaan kulit sebaiknya kucing Sphynx dimandikan secara rutin. 

5.      Kucing Sphynx membutuhkan semangkuk air dan akses makanan yang cukup setiap harinya agar suhu tubuhnya tetap terjaga. 

6.      Jenis makanan untuk kucing ini juga harus dipilih yakni makanan khusus kucing yang memiliki sedikit bulu. Disarankan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi bagi kucing dengan organic raw food diet .
Sediakan toilet khusus bagi kucing Sphynx anda dan gantilah setiap 3 hari sekali agar kebersihannya tetap terjaga.

Merawat kucing Sphynx memang tidak semudah merawat kucing ras lain yang memiliki bulu tebal. Kita harus tlaren dan sabar dalam memebrikan perawatan terbaik agar kucing kesayangan kita tetap sehat, lucu dan menggemaskan.


No comments

AD