AD

Cara Merawat Kucing Birman

Cara Merawat Kucing Birman

Hasil gambar untuk Cara Merawat Kucing Birman
Cara Merawat Kucing Birman
Kucing Birman merupakan spesies kucing semi longhair dan memiliki bentuh tubuh yang panjang dan besar. Kucing ini memilikibulu yang halus dan agak panjang. Jika dilihat pla warna bulu kucing Birman ini mirip dengan kucing Siam. Sifatnya setia, penyayang senang berada disamping pemiliknya, cerdas dan penuh rasa ingin tahu. Meskipun akhir – akhir ini banyak yang gemar memelihara kucing Birman, namun untuk mencarinya agak susah.

Kucing Birman memiliki karakteristik yang cenderung lebih aktif daripada kucing Persia. Beberapa pemelihara kucing ras Birman ini mengaku bahwa ikatan batin antara si kucing dan pemiliknya cenderung kuat. Misalnya saja ketika pemilik sedang pergi keluar rumah, maka kucing Birman akan dengan setia menunggu kedatangan sang pemilik di depan rumah.

Sama halnya seperti kucing bertubuh besar yang lain, pertumbuhan kucing Birman tergolong lambat. Di usia 18 bulan, kucing Birman belum bisa tumbuh dengan maksimal. Mereka berkembang hingga mencapai usia 3 tahun. Kucing Birman memiliki bulu berwarna putih solid saat baru lahir. Namun setelah tiga atau empat hari warna lain akan muncul dengan pola tertentu sampai kucing tersebut berusia 14 hari. Memelihara kucing Birman tidak lepas dari perawatan yang baik agar kucing tetap sehat dan berbulu halus. Berikut beberapa rekomendasi cara merawat kucing Birman 

1.       Sikat bulunya secara rutin
Bulu kucing Birman sebaiknya disikat setidaknya seminggu sekali selama 15 menit untuk membantu pertumbuhan bulu tersebut. Di berbagai negara dengan iklim subtropis, pemilik kucing Birman biasanya memandikan kucingnya minimal 6 bulan sekali. Oleh sebab itu, di negara Indonesia yang beriklim tropis setidaknya kucing Birman dimandikan minimal sebulan sekali. Namun anda tidak perlu khawatir, memandikan kucing Birman tidak sesulit memandikan ras kucing lainnya karena kucing ini sangat senang disentuh.

2.       Mencukupi kebutuhan makanan
Kucing Birman memiliki pola makan yang terbilang unik. Untuk menunjang pertumbuhan bulu halusnya, kucing ini membutuhkan asupan lemak yang banyak. Oleh karena itu, anda disarankan untuk memberinya makanan penunjang lain selain cats food. Misalnya anda bisa memberikan menu makanan daging mentah setidaknya dua dalam seminggu.

3.       Siapkan kandang yang nyaman
Kandang kucing Birman harus selalu dibersihkan dan bersuhu normal. Kucing ini senang berada di tempat yang sejuk. Jika udara di wilayah anda cukup panas sebaiknya anda memberikan kipas angin di dekat kandangnya, jangan menaruhnya di dalam ruangan ber AC karena akan membuat bulu kucing menjadi lembab.

Itulah beberapa cara merawat Kucing Birman yang bisa anda lakukan untuk kucing piaraan kesayangan anda. Kucing Birman adalah kucing yang setia dan penyayang jadi tidak salah jika ia anda pelihara dan menjadi sahabat yang baik untuk anda.




No comments

AD