Manfaat Memelihara Kucing Menurut Psikologi

Manfaat Memelihara Kucing Menurut Psikologi

Hasil gambar untuk Manfaat Memelihara Kucing Menurut Psikolog

Hewan peliharaan merupakan hal yang bisa dikatakan penting pun tidak penting. Pernyataan tersebut mengacu pada konteks masing – masing. Jika kita memelihara hewan yang sangat kita sukai maka hal tersebut menjadi sangat penting. Contoh hewan yang bisa dipelihara pun beranekaragam, misalnya anjing, hewan reptil, burung dan juga kucing.

Kucing merupakan hewan berkaki empat dengan bulu halus dan lembut. Hewan ini memiliki tingkah laku yang lucu sehingga banyak orang yang berminat untuk memelihara kucing dirumahnya. Selain untuk kesenangan atau hobi semata, ternyata memelihara kucing juga memiliki banyak manfaat. Nah, dalam artikel berikut ini kami akan berbagai informasi mengenai manfaat mememihara hewan menurut psikologi

1.      Mengurangi tingkat kecemasan
Faktanya kecemasan merupakan kondisiyang sulit diatasi, terlebih bagi mereka yang mudah merasa panik. Namun tahukah anda? Sebenarnya memelihara kucing dapat membantu menurunkan kadar kecemasan atau kepanikan yang berlebihan. Dengan membelai bulu halus kucing kesayangan anda maka anda akan merasa lebih tenang dan rileks.

2.      Memperbaiki mood seseorang
Sudah banyak penelitian yang berhasil membuktikan bahwa memelihara kucing akan membuat mood seseorang menjadi lebih baik. Bakat unik dari hewan ini adalah mengeong untuk berinteraksi dengan manusia. Sedangkan saat berinteraksi dengan sesamanya biasanya menggunakan bahasa seperti mengedipkan mata dan tekanan suara tinggi saat mengeog ketikan mereka sedang bertengkar.

Mendengar kucing yang mengeong dengan nada lembut akan membuat pemilik kucing merasa terhibur dan moodnya menjadi lebih baik. Selain itu, memelihara kucing juga sangat tepat untuk memperbaiki mood orang bipolar yang notabene sulit untuk dikontrol.

3.      Meringankan depresi
Memmelihara kucing juga bermanfaat untuk meringankan depresi. Kucing merupakan makhluk yang cerdas sehingga ia bisa mengalihkan perhatian pemilik kucing dengan hal – hal menyenangkan yang pernah anda alami. Hal ini jelas akan membuat tingkat depresi anda berkurang meskipun kucing anda bukanlah seorang psikiater

Kucing juga sangat bagus bagi anak – anak yang biasanya mudah tertekan untuk mengalihkan depresi dan rasa takut yang ia milikii. Cinta tulus dari si kucing kesayangan dapat membuat depresi seseorang menjadi hilang khususnya bagi anak – anak.


No comments