loading...

Muezza Ras Anggora??? Adakah Ras Anggora Di Indonesia?


Muezza Ras Anggora??? Adakah Ras Anggora Di Indonesia?

Muezza Kucing Nabi Muhammad Ras Anggora Adakah Ras Anggora Di Indonesia
Muezza Ras Anggora

Muezza Ras Angora ???
Kenapa angora berbulu putih dan lebih disakralkan? Sebab, tersebar kisah bahwa Nabi Muhammad mempunyai kucing yang bernama Muezza atau secara transliterasi lebih tepat ditulis Mu’izzah. Konon, Muezza adalah kucing angora putih bermata unik.
Kisahnya pun beragam. Ada kisah tentang Nabi Muhammad yang memotong jubahnya supaya tidak mengganggu Mueeza yang sedang tertidur di pangkuannya. Ada pula kisah tentang Muezza yang selalu mengeong ketika mendengar suara azan. Akan tetapi, kebenaran kisah tersebut, termasuk esksistensi Muezza, perlu diteliti lebih lanjut. Sebab, sejauh penelitian tim redaksi Catlovers, belum ditemukan satu pun referensi ilmiah berkaitan dengan Muezza, baik dalam buku hadis maupun buku-buku ilmiah lain. Dalam situs wikipedia (berbahasa Inggris) disebutkan, kisah Muezza kemungkinan adalah folktale yang baru muncul di akhir abad ke-19 atau awal abad ke-20. Masih dari sumber yang sama, dikatakan bahwa kisah Muezza didasari dari kisah seorang sufi yang hidup di zaman Medieval, Syaikh Ahmad Ar-Rifa’i. Sang sufi tersebut berkisah, ia memotong jubahnya supaya tidak mengganggu kucing yang sedang tertidur di atas jubahnya tersebut. Setelah itu, sang sufi menjahitnya kembali dan berkata, “tak ada yang berubah!”.



Muezza Kucing Nabi Muhammad Ras Kucing Anggora
Adakah Ras Anggora Di Indonesia


Ada kah Angora diIndonesia ?
Banyak catlovers di Indonesia yang mengklaim bahwa dirinya memiliki angora. Benarkah klaim tersebut? Sebagaimana yang telah dibahas di awal artikel, angora adalah kucing yang cukup langka. Di negara asalnya, kucing jenis ini sangat dijaga ketat. Oleh karena itu, kecil kemungkinan jika kucing ini dibawa keluar dari negara asalnya. Selain itu, menurut Ketua CFSI, Cacang Effendi, banyak pencinta kucing yang salah persepsi tentang kucing angora.

Catlovers awam sulit membedakan antara angora, persia, dan domestik longhair (hasil perkawinan silang persia dan domestik). “Sejauh yang saya ketahui, kucing angora belum ada di Indonesia. Adapun pengakuan orang-orang yang mengatakan bahwa mereka memiliki angora adalah pengakuan yang didasari oleh kesalahpahaman mereka terhadap anakan hasil persilangan antara kucing persia dan kucing domestik,” ujarnya. Masih menurut beliau, sebenarnya ada perbedaan karakteristik antara persia medium dan angora. Persia medium memang berbadan agak tinggi dan mancung, tetapi bulu mereka semi-longhair, bukan longhair seperti halnya angora. “Bahkan, jika kita amati lebih detail, ada struktur dasar yang sangat berbeda di antara keduanya.


Telinga angora asli tinggi dan sejajar. Bentuk mukanya, dari ujung telinga hingga dagu, adalah segi lima,” ungkapnya lebih gamblang. Bukti lain bahwa kucing angora belum ada di Indonesia adalah ketidakikutsertaannya mereka dalam berbagai kontes kucing di Indonesia, baik yang diselenggarakan oleh CFA, TICA , maupun FIFe. Jika angora pedigree sudah ada di Indonesia, kucing tersebut pasti sudah menjadi pusat perhatian karena kelangkaannya.
loading...
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Muezza Ras Anggora??? Adakah Ras Anggora Di Indonesia?"

loading...
 
Copyright © 2015 World Cat - All Rights Reserved
Template By Kunci Dunia
Back To Top